Jumat, 29 Mei 2009

Program Opi Pertamina

OPI. Ya..!!!!
Itulah yang penulis sebut-sebut di postingan sebelumnya (dibaca: Ngopi Bareng), penulis belum paham sih, tapi yang sedikit penulis tahu Operational Performance Improvement (dibaca: OPI) bukan merupakan proyek jangka pendek saja, namun merupakan sebuah upaya perbaikan dan peningkatan jangka panjang.

Tujuan OPI sendiri untuk mendukung pekerja dalam menciptakan dampak positif dalam kinerja dan mencapai kesinambungan jangka panjang dalam perbaikan kinerja,,(wah, wah, wah, ruwet!!!! Tapi itulah kata-kata yang paling pas, hhehehhe..!!!)

Sebenarnya penulis bingung juga mungkin karena penulis belum dan kurang tahu bagaimana OPI ini secara realnya berkontribusi terhadap transformasi Pertamina. Tapi menurut info yang penulis dapat, OPI terdiri dari metodologi perbaikan yang sudah teruji untuk meningkatkan performa Pengolahan Pertamina. OPI juga didukung oleh para OPI coaches penuh waktu yang akan berperan untuk mendukung dan melatih para pekerja Pertamina untuk menerapkan metodologi perbaikan ini. Demikian juga OPI akan menyediakan metodologi untuk menentukan prioritas inisiatif atau program mana yang harus diteruskan atau dihentikan. Kebanyakan inisiatif yang ada akan dirangkum kedalam program kerja tertulis untuk memudahkan penelusuran (tracking) dan pengendalian manajemen.

Dalam memperbaiki kinerja OPI tidak dapat melakukannya sendiri, OPI hanya dapat memberikan hasil ke lini melalui kepemimpinan yang nyata dari manajemen lini, yang mengadopsi metodologi OPI dan menerapkan kedalam kegiatan dari hari ke hari untuk meningkatkan kinerja terus-menerus.

GO GO OPI!!!
Demikian yel-yel OPI yang mencerminkan keseriusan para pemimpin untuk mewujudkan transformasi Pertamina. Bukti dari keseriusan ini, struktur organisasi OPI bagi coaches OPI penuh waktu terbentuk dalam waktu 6 minggu, termasuk mendapatkan persetujuan dari BOD/BOC selain itu juga selama workshop perubahan budaya Direktorat Pengolahan, semua pemimpin L1-L4 merespon "setuju/sangat setuju" terhadap pertanyaan perlunya perubahan.

Wachhh,,penulis teriakan sekali lagi untuk OPI, GO GO OPI!!!
Kita (dibaca: Pertamina)jangan sampai kalah (dibaca: tertinggal jauh) sama anak didik/murid kita (dibaca: Petronas), kita semua mungkin sudah tahu kalau Petronas sudah mengepakan sayapnya ke penjuru dunia, nama Petronas ada dimana-mana, pembalap dunia MotoGp Team Yamaha Valentino Rossi dan Lorenzo menjadi salah salah satu, ech salah, maksud penulis menjadi salah dua sponsornya, semua mata tertuju padanya (dibaca: petronas), seakan-akan ingin meneriakan pada dunia inilah Malaysia, inilah Malaysia.

Hufff,,,,
Sekiranya cukup, harapan penulis, semoga saja OPI berjalan dengan lancar dan semua pihak yang terkait membuka hati untuk menerima keberadaan OPI dan bahu-mambahu bekerjasama dengan OPI.
**NgOPI Bareng**.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar